Pelatihan Pemberdayaan Perempuan

16 Maret 2023
RUDI. M, S.Pd.i
Dibaca 3.362 Kali
Pelatihan Pemberdayaan Perempuan

Pemberdayaan perempuan desa adalah suatu upaya untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi perempuan di desa untuk aktif dan berpartisipasi secara merata dalam pembangunan desa. Tujuan dari pemberdayaan perempuan desa adalah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan desa, serta memperkuat peran perempuan dalam pengambilan keputusan di tingkat lokal.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam pemberdayaan perempuan desa antara lain:

  1. Pendidikan dan pelatihan: Memberikan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan desa dalam berbagai bidang, seperti kewirausahaan, manajemen keuangan, pertanian, dan kesehatan.

  2. Akses terhadap sumber daya: Meningkatkan akses perempuan desa terhadap sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, seperti modal usaha, lahan pertanian, air bersih, dan layanan kesehatan.

  3. Pembentukan kelompok-kelompok perempuan: Mendukung pembentukan kelompok-kelompok perempuan untuk memperkuat jaringan sosial, meningkatkan kapasitas, dan mempromosikan partisipasi dalam pengambilan keputusan.

  4. Mendorong partisipasi dalam pengambilan keputusan: Memastikan bahwa perempuan desa memiliki akses yang sama dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pembangunan desa, seperti partisipasi dalam rapat-rapat desa dan pembentukan lembaga desa.

  5. Meningkatkan kesadaran tentang hak-hak perempuan: Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak-hak perempuan dan mempromosikan kesetaraan gender dalam segala aspek kehidupan.

Dengan pemberdayaan perempuan desa, diharapkan perempuan dapat memiliki peran yang lebih aktif dalam pembangunan desa dan mampu meningkatkan kualitas hidup mereka sendiri serta masyarakat di sekitarnya.

Selasa, 14 Maret 2023 bertempat di Aula Kantor Desa Sejiram Telah dilaksanakan pelatihan Pemberdayaan Perempuan dengan Tema "Peran Perempuan dalam Pembangunan Desa dan Peningkatan Ekonomi Keluarga". Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kepala Desa, Camat Tebas yang di wakili Kasi PMD, Ibu-ibu Peserta yang berjumlah 50 orang yang mewakili unsur PKK, Posyandu, BKMT, Kelompok Wanita Tani, serta unsur masyarakat perempuan lainnya. Pemateri pada kegiatan tersebut Ibu Supriani,ST dan ibu Dr. Sri Deti, SE.,MEI.
Terima kasih atas ilmu yang telah di sampaikan kepada Peserta.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut atas deklerasi Desa sejiram menjadi desa inklusif beberapa waktu yang lalu dimana desa sejiram berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya Pengembangan kaum perempuan, Disabilitas, dan kaum marjinal lainnya dalam pembangunan Desa. Selain itu, program ini juga komitmen Pemerintah desa Sejiram dalam SDGs Desa yaitu Keterlibatan Perempuan Desa.