Selamat Datang Di Website Resmi Desa Sejiram  

Visi dan Misi

Administrator 24 Agustus 2016 10:48:28

VISI dan MISI

 

VISI 

"Mewujudkan Desa Sejiram Yang Religius, Mandiri Dan Berprestasi Menuju Masyarakat Yang Madani Tahun 2018"

Rumusan visi tersebut merupakan suatu cita-cita untuk menciptakan masyarakat yang agamis, penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel serta pelaksanaan pembangunan desa yang partisipatif, kreatif dan berdaya secara ekonomi demi terwujudnya kemandirian desa sehingga menjadi Desa yang berprestasi.

  1. Nilai-nilai yang melandasi:
  • Semangat Keagamaan dalam Membangun sebuah peradaban akan Mampu mengontrol Pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan tujuan bersama dalam tatanan kehidupan sosial yang Religius.
  • Semangat Gotong royong sebagai modal utama pembangunan di desa Sejiram, sebagai bagian dari semangat kekeluargaan yang masih kental dalam pembauran di mayarakat.
  • Harmonisasi yang berbudaya; sebagai desa yang multi etnis maka patut menjaga keharmonisan dan kebersamaan bersama dalam mayarakat yang majemuk dan multi dimensi.
  • Sumber daya manusia yang masih lemah baik sisi kuantitas maupun kualitas sehingga percepatan pembangunan sumber daya manusia terutama 0% buta aksara belum tercapai sepenuhnya.
  • Partisipasi yang berkualitas, diperlukan totalitas peran serta masyarakat dalam setiap pembangunan di semua aspek hidup dan kehidupan di masyarakat.

 

  1. Makna yang terkandung :
  • Mewujudkan : Terkandung didalamnya peran pemerintah (baik lokal maupun Nasional), dalam mewujudkan Desa Sejiram  yang mandiri secara ekonomi
  • Desa Sejiram : adalah satu kesatuan masyarakat hukum segala potensinya dalam sistem pemerintahan di wilayah Desa.
  • Religius : Adalah masyarakat yang mengamalkan dan mematuhi ajaran-ajaran agama, sehingga tercipta peradaban yang baik dan terwujudnya Khairu Ummah(Umat Terbaik).
  • Mandiri: Adalah masyarakat yang mampu membangun dengan semangat gotong royong yang tinggi dan berkreatifitas untuk mendorong proses pembangunan.
  • Berprestasi: Adalah masyarakat yang mempunyai kualitas Sumber daya manusia yang mampu berkompetitif dalam segala bidang.
  • Madani: Adalah masyarakat yang kehidupannya berazaskan tertib hukum dan sadar politik dengan memperhatikan tuntutan dan dinamika masyarakat dalam suasana demokrasi.

1.      Misi

Desa Sejiram berharap memperbaiki berbagai strategi dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan khususnya pada meningkatkan disiplin dan kualitas layanan warga, pelaksanaan pembangunan yang mendukung terlibatnya sebanyak mungkin masyarakat pra sejahtera, pembinaan dan pengembangan peran organisasi warga untuk mendukung pembangunan Desa Sejiram, dan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang khususnya yang mendukung basis komuditas desa Sejiram di bidang pertanian.

1)    Bidang penyelenggaraan pemerintahan

Misi :

  1. Peningkatan kinerja pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Penyelenggaraan pemerintahan desa secara akuntabel, berkesinambungan dan transparan.
  3. Mewujudkan kapasitas lembaga pemerintahan desa yang profesional.
  4. Mengoptimalkan peraturan desa sesuai dengan kewenangan desa

Dalam upaya meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, Desa Sejiram akan menerapkan strategi:

  • meningkatkan kualitas pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa;
  • meningkatkan layanan administrasi warga;
  • perbaikan struktur organisasi dan disiplin aparatur, dan
  • pengembangan regulasi yang mendukung kemandirian desa sesuai dengan UU Desa.

Meningkatkan Tata Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan

Program yang akan diterapkan untuk meningkatakan tata laporan desa adalah a) peningkatan kapasitas perangkat desa, b) updating data dasar, c) disiplin perangkat, d) penertiban tata arsip desa, dan e) pendataan semua aset desa.

Tata laporan yang baik membutuhkan data yang valid dan up to date meliputi data kependudukan, administrasi, dan kekayaan desa dengan cara mengiventaris ulang aset-aset yang di miliki oleh desa, dengan demikiam  memerlukan perangkat yang memiliki kinerja yang baik dan cermat.

Untuk menunjang semua itu perlu didukung oleh kualitas perangkat dengan cara meningkatkan kapasitas serta disiplin perangkat. Dengan peningkatan kapasitas tersebut diharapkan desa Sejiram mempunyai perangkat yang memiliki rasa tanggung jawab dan tanggap terhahadap tugasnya masing-masing. Desa Sejiram ke depan harus didukung oleh kualitas perangkat yang disiplin, cerdas, dan berani menghadapi tantangan menjalankan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang telah ditetapkan Presiden pada tanggal 15 Januari 2014.

 

Meningkatkan Layanan Administrasi Warga

Salah satu tugas utama Pemerintah Desa adalah melayani kebutuhan administrasi bagi warganya. Terget peningkatan layanan desa Sejiram antara lain meliputi a) layanan administrasi warga, b) memiliki KTPel bagi warga yang sudah berhak, c) sosialisasi layanan dan resiko pernihakan dini, d) merespon laporan/pengaduan warga, dan e) menetapkan standar layanan.

Harapan desa antara lain layanan KTPel terlaksana bagi semua warga yang berhak dan memenuhi kebutuhan Surat Keterangan warga dengan cepat dan tepat, serta menggunakan teknologi IT yang dimiliki desa.

 

Perbaikan struktur organisasi dan disiplin

Struktur Organisasi Pemerintah Desa Sejiram perlu disesuaikan dengan kebutuhan pelaksanaan UU Desa. Dengan sudah ditegaskannya kewenangan asal usul dan kewenangan lokal berskala desa yang harus dilaksanakan oleh desa, maka Desa Sejiram membutuhkan penyesuaian kebutuhan perangkat serta memperbaiki disiplin perangkat.

Untuk mencapai hal tersebut desa Sejiram akan melakukan a) perbaikan SOTK dan Topoksi Perangkat Desa, b) melengkapi perangkat yang dibutuhkan, c) meningkatkan seragam perangkat, dan d) melaksanakan disiplin kantor.

 

Pengembangan Regulasi Desa

Sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan aturan pelaksanaannya, desa wajib mengatur dan mengurus kewenangan asal usul dan kewenangan lokal berskala desa. Oleh karena itu salah satu urusan penting yang akan dipenuhi oleh Pemerintah Desa Sejiram adalah mengembangkan regulasi sesuai dengan kewenangan desa. Hal yang wajib diatur antara lain meliputi Peraturan Desa maupun Peraturan Pelaksanaan lainnya mengenai Pembangunan Desa, Sumber Keuangan Desa, Pelayanan Dasar Desa, Pendidikan anak-anak, Kesehatan Ibu dan Anak, Perlindungan Sosial, dan Lingkungan Hidup.

Disamping itu, keberadaaan organisasi warga sebagai pendukung pembangunan desa perlu ditata sesuai dengan fungsi masing-masing yang dapat menjadi salah satu ruang apresiasi bagi warga dan generasi muda.

Oleh karena itu, dalam sisa masa jabatan 2016 - 2018 Pemerintah Desa Sejiram akan melaksanakan program a) mengembangkan reguluasi sesuai kewenangan desa, dan b) menerbitkan surat keputusan yang dibutuhkan oleh organisasi/ lembaga yang ada di desa.

 

2)  Bidang pembangunan

Misi :

  1. Menjadi desa yang tangguh dalam penanggulangan resiko bencana.
  2. Meningkatkan perekonomian desa melalui basis pertanian dan pariwisata.
  3. Mewujudkan pembangunan lingkungan yang tertib dan nyaman.
  4. Menjalin hubungan kerja sama antar desa dalam pembangunan sarana transportasi perekonomian desa.
  5. Mewujudkan pembangunan yang sesuai dengan prioritas dan kebutuhan masyarakat di segala sektor.
  6. Menumbuhkembangkan kesadaran pendidikan, hukum dan kesehatan.

Pada sisa periode pemerintahan desa 2016-2018, pembangunan Desa Sejiram akan memfokuskan pada :

  • Membangun ekonomi desa,
  • Meningkatkan pendidikan khususnya bagi generasi anak-anak, kesehatan

warga,

  • Meningkatkan hasil pertanian,
  • Perbaikan sarana dan Prasarana Infrastruktur,
  • Peningkatan lingkungan hidup, air, dan sanitasi lingkungan.

Ekonomi Desa

Untuk menunjang peningkatan perekonomian desa yang mayoritas petani maka dengan ini pemerintahan desa melakukan program-program seperti a) Pelatihan & Penambahan modal koperasi petani, b) pelatihan pengolahan hasil produksi, c) Pelatihan untuk meningkatkan mutu dan kualitas hasil pertanian, d) mengembangkan bank sampah, e) membentuk dan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), dan f) mengembangkan Lembaga Keuangan Mikro.

Dengan keadaan masyarakat desa yang mayoritas petani, maka untuk menunjang peningkatan ekonomi warga perlu diadakan pelatihan-pelatihan seperti pemeliharaan ternak, pembuatan pupuk cair untuk meningkatkan kualitas dan kuwantitas produksi pertranian, serta pelatihan pengeloalan hasil pertanian.

BUMDesa di desa Sejiram dapat mendukung pengembangan ekonomi warga dan melayani kebutuhan dasar warga. BUMDesa antara lain berpotensi untuk mengelola layanan air bersih, mengelola sanitasi dan persampahan, pengembangan dan penyediaan pupuk organik, sarana trasportasi pertanian, dan lembaga keuangan untuk mendukung modal bagi para petani. Dengan demikian BUMDesa akan menciptakan lapangan kerja baru di desa.

Pendidikan, Seni, dan Budaya

Untuk mempersiapkan generasi sumberdaya manusia anak-anak usia dini dan anak-anak sekolah di Desa Sejiram perlu didukung oleh sarana dan prasarana serta sumberdaya pengelola pendudidikan yang memadahi. Selain itu Pengembangan Budaya Lokal akan terus di usahakan agar generasi Penerus Tidak Melupakan Warsai Budaya Bangsa. Program yang akan dikembangkan meliputi a) membangun tempat bermain, b) mendirikan perpustakaan desa, c) memfasilitasi kegiatan seni dan budaya, dan d) memfasilitasi kelompok kesenian desa.

 

Kesehatan

Kesehatan warga adalah salah satu yang menjadi perhatian desa Sejiram. Kesehatan warga menjadi modal penting untuk membangun desa secara partisipatif. Oleh karena itu, kesetaraan akses warga terhadap layanan kesehatan perlu diperhatikan, khususnya bagi anak-anak balita, ibu hamil dan lansia dari warga pra sejahtera yang masih banyak di Sejiram. Untuk tujuan tersebut desa Sejiram perlu mengintensifkan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh posyandu Desa Sejiram.

Untuk mendukung upaya peningkatan layanan kesehatan dan kualitas kesehatan warga, desa Sejiram akan mengembangkan program meliputi: a) senam khusus bagi ibu hamil, b) mengembangkan posyandu Lansia untuk mendukung kesehatan warga yang berusia lanjut, c) memfasilitasi senam masal secara reguler, d) sosialisasi rumah sehat sanitasi dan sehat lingkungan, e) memfasilitasi pembangunan Pustu, f) pengadaan Ambulan Desa, g) pemberian makanan tambahan bergizi anak-anak TK, menambah tenaga medis untuk Pustu, dan i) sosialisasi KB.

 

 

Pembangunan Pertanian

Petani merupakan basis penghidupan warga Sejiram. Lebih 90% penduduk desa Sejiram berkegiatan sebagai petani. Oleh karena itu, pembangunan desa Sejiram dalam bidang pertanian sangatlah penting.

Untuk mendukung peningkatan pertanian di Desa Sejiram, maka pemerintah desa Sejiram akan mendukung program yang berfokus pada peningkatan kualitas para petani melalui a) pelatihan pembuatan pupuk organik cair, b) pelatihan mengelola peternakan yang baik dan sehat, dan ) pelatihan untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian.

 

 

Pembangunan Sarana dan Prasarana Infrastruktur Desa

Sarana transportasi desa, khususnya untuk mendukung kegiatan pertanian sangatlah penting. Ketertinggalan di bidang ini menjadi penghambat perkembangan hasil pertanian dan ekonomi warga.

Dalam rangka mendukung transportasi desa, dalam periode 2016-2018 desa Sejiram akan mengembangkan program antara lain a) pembangunan jalan pertanian/ JUT, b) pembangunan jalan lingkar dan penghubung desa, c) pembangunan senderan jalan desa Sejiram, d) pembuatan jalan perkebunan, e) betonisasi jalan desa, f) membangun Sarana Olahraga atau gedung sanggar yang dapat digunakan untuk aktivitas warga dan pemuda.

 

Pembangunan Lingkungan Hidup, Air Bersih dan Sanitasi

Pembangunan lingkungan hidup yang baik dan nyaman menjadi harapan semua warga Sejiram. Lingkungan hidup yang baik selain dapat mengatasi ancaman banjir juga ikut menjaga kelestarian sumber-sumber mata air yang menjadi kebutuhan dasar warga desa.

Dalam rangka mendukung kualitas lingkungan hidup, Desa Sejiram akan mengola potensi air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga. Desa juga akan mengelola sanitasi lingkungan seperti pengelolaan sampah dan air limbah agar tidak mencemari lingkungan. Program pelestarian lingkungan hidup ini akan dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa Sejiram bekerja sama dengan warga sehingga hasilnya akan lebih optimal dan dirasakan oleh semua warga. Area penghijauan dengan tanaman keras meliputi hutan lindung, hutan rakyat, serta penanaman pohon di turus-turus jalan.

Program yang akan dilaksanakan meliputi a) sosialisasi pertingnya konservasi alam dan penanaman pohon, b) Pegadaan PAH tiap Rumah, c) pembangun SPAL, d) penambahan pipa induk layanan air bersih, dan e) pembuatan embung desa.

3)    Bidang pembinaan kelembagaan kemasyarakatan

Misi :

  1. Mengoptimalkan lembaga kemasyarakatan yang ada untuk pelaksanaan pembangunan desa
  2. Mendukung pembentukan organisasi warga untuk penyelenggaraan pembangunan yang partisipatif dan akuntabel

Peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan

Salah satu tugas pemerintahan desa adalah melakukan pembinaan kepada lembaga maupun organisasi kemasyarakatan yang ada di desa. satu tujuan pembinaan adalah mengajak warga dan organisasi warga memahami hukum yang berlaku di desa dan di tengah masyarakat, misalnya Peraturan Perundangan yang berkaitan dengan Penyalahgunaan Obat Narkoba, Undang-undang Perlindungan Anak, Hak Asasi Manusia, Keterbukaan Informasi Publik, Anti Korupsi, dan UU lain yang penting untuk dipahami warga.

Tidak kalah penting sosialisasi UU No. 6/2014 tentang Desa yang menjadi dasar penyelenggaraan desa yang baik, nyaman, dan sejahtera bagi desa Sejiram. Dalam UU Desa tersebut diatur dimana tanggungjawab pemerintah desa dan peranan lembaga-lembaga dan organisasi yang di bentuk oleh masyarakat. Perlu juga disampaikan perdes-persdes yang di terbitkan oleh desa kepada semua lembaga yang ada.

Dalam mendukung program tersebut, pemerintahan desa akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti Kecamatan, Bapermasdes, Polres Sambas, maupun Lembaga Swadaya Masyarakat dan lembaga lain yang potensial.

Dalam mendukung upaya tersebut, pemerintah desa Sejiram akan memrogramkan peningkatkan lembaga kemayarakatan antara lain: a) sosialisasi UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, b) sosialisasi peraturan perundangan untuk mendukung gerakan masyarakat sadar hukum, c) pelatihan kepemimpinan bagi pengurus organisasi perempuan, dan d) pelatihan Peran dan Fungsi Pemerintahan dalam Pembangunan Desa.

Pengembangan dan Pembinaan Orgasisasi

Pengembangan dan pembinaan organisasi warga sangat penting sehingga antara pemerintahan desa dengan organisasi warga yang ada di desa tercipta bangunan yang saling mendukung. Dukungan, kerjasama, maupun kontrol warga terharap penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan sangat diperlukan dalam membangun demokratisasi dan pemerintahan yang bersih di desa Sejiram. Dengan demikian tujuan besar untuk meningkatkan kesejahteraan di Desa Sejiram dapat kita wujudkan secara bersama sama.

Dalam mendukung pengembangan dan pembinaan organisasi, dalam tahun 2015-2018 pemerintah desa Sejiram memprogramkan a) mendukung pendirian organisasi warga sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang tidak melanggara etika dan hukum, b) memberikan pembinaan kepada organisasi warga khususnya yang baru berdiri, dan c) sosialisasi lingkungan yang sehat dan aman dari ancaman bahasa arus pendek listrik dan api.

 

4)    Bidang pemberdayaan masyarakat

Misi :

  1. Meningkatkan Partisipasi masyarakat di berbagai proses pembangunan desa
  2. Mendukung peningkatan kapasitas kader khususnya terkait dengan kepemimpinan
  3. Memfasilitasi kegiatan pemuda/karang taruna

Untuk mewujudkan pembangunan yang akuntabel, transparan, dan tepat sasaran maka perlu peran serta warga yang berdaya. Peran aktif warga perlu ditunjukkan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan. Peranan kader desa selama ini sangat membantu dan perlu ditingkatkan terus kapasitas pengetahuan maupun ketrampilannya sehingga mereka menjadi pendukung pembangunan desa sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan.

Untuk mendukung masyarakat yang berdaya desa Sejiram antara lain akan melaksanakan sebagaimana di bawah.

Mengembangkan sistem informasi yang adil dan merata

System informasi desa akan menjadi wahana penyampaian informasi dari dan oleh warga dan pemerintahan desa dalam penyelenggaraan kewenangannnya melaksanakan pemerintahan, pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan.

Dalam rangka usaha tersebut, desa Sejiram memprogramkan a) sosialisasi semua hasil musdes ke setiap RT, dan b) membangun sistem informasi yang mudah diakses oleh warga. Dalam kaitannya dengan system informasi desa, Pemerintah Desa Sejiram akan mengembangkan media melalui sarana komunikasi yang sudah dimiliki oleh warga antara lain melalui selebaran informasi, SMS gateway, dan web desa. Web desa selain untuk sarana informasi yang dapat diakses oleh warga, termasuk warga yang berada di luar desa, juga dapat dimanfaatkan menjadi ruang promosi produk desa Sejiram.

Musyawarah Pembangunan Desa

Musyawarah pembangunan sangat penting dalam mewujudkan desa Sejiram yang partisipatif dan demokratis. Musyawarah desa (musdes) yang telah dilaksanakan selama ini, semakin bermakna setelah lahirnya UU Desa yang memberikan peran desa menjadi subyek pembangunan. Musdes adalah ruang interaksi semua pihak untuk membahas rencana pembangunan, pengembangan peraturan desa, dan evaluasi atas apa yang telah dicapai oleh desa.

Dalam rangka mendukung rencana ini, pemerintah desa akan a) memfasilitasi musyawarah perencanaan pembangunan desa setiap tahun, b) memonitor dan mengevaluasi pembangunan dan keamanan lingkungan, dan c) memfasilitasi musyawarah Pertanggungjawaban Pelaksanaan Pembangunan Desa.

Seluruh kegiatan tersebut akan diikuti oleh warga dan para mitra/lembaga yang ikut terlibat melaksanakan pembangunan desa.

Peningkatan Kapasitas Warga

Sedang untuk meningkatkan kapasitas warga sebagaimana diuraikan di atas, pemerintah desa Sejiram dalam waktu 2016-2018 memprogramkan a) pembentukan kader-kader desa untuk mendukung program pembangunan yang berkelanjutan, b) meningkatkan kapasitas kader kesehatan dan kader desa lainnya, c) sosialisasi pentingnya KB kepada warga.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Dusun Peluntan Rt 04 / Rw 02 Kec.Tebas Kab.Sambas
Desa Sejiram
Kecamatan Tebas
Kabupaten Sambas
Kodepos 79461
Telepon 05626302837
Email desasejiram@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung